Cuankie Serayu Kesayangan

Cuankie Serayu adalah salah jajanan yang paling saya suka di Kota Bandung. Dulu ketika ngantor di Jalan Diponegoro 54, cuankie ini adalah salah satu menu yang paling sering saya pesan untuk dibelikan Office Boy setiap sore.

Makan rame-rame bersama rekan di kantor sambil bergosip saat minum teh sore. Kerjanya apa Mas? Sore-sore gossip. Dulu memang pekerjaan saya sebagai Creative Assistant di Radio Lifestyle & Entertainment Station, jadi memang harus update soal gossip artis internasional, trend fashion terbaru, sampai film box office, juga keriaan yang paling hits di Bandung.

Kembali ke Cuankie, buat yg belum tahu Cuankie ini apa, gambaran yang mendekati adalah Bakso Malang versi Bandung Jawa Barat dan sekitarnya. Hidangan berkuah dengan aneka topping seperti Bakso dan bakso goreng,  siomay basah dan Goreng.

Biasanya kalau di Bandung Cuankie dijual oleh Abang-Abang dengan tanggungan, ada juga yang pakai gerobak dorong. Biasanya mereka menawarkan tambahan Mie instan.

Tapi di Cuankie Serayu tidak disediakan mie. Mereka menyediakan dua macam Cuankie. Kering dan kuah. Cuankie kering adalah Siomay dan bakso Goreng dipotong lalu disiram sambal kacang. Rasanya jadi semacam batagor. Tapi yang juara disini adalah kriukan siomay Goreng berpadu dengan legitnya sambal kacang.

Lalu ada Cuankie kuah, kombinasi anatara bakso, bakso Goreng, siomay dan siomay Goreng , bakso Tahu rebus disiram kuah panas. Ditambah Sambel pedas pasti sukses membuat kita keringatan. Apalagi kalau makannya waktu hujan. Pas !

Kuah Cuankie Serayu rasanya pas, tidak eneg, tidak keasinan. Serasi dengan aneka topping nya. Bakso sapinya mantap, teksturnya bagus. Yang paling saya suka adalah Bakso dan siomay gorengnya. Rasa ikannya terasa, tapi gak berlebihan, dan garingnya pas sekali, menambahkan tekstur cantik dalam hidangan ini. Siomay dan baso tahunya OK lah.

Enak banget, bikin saya selalu ingin tambah semangkok dua mangkok. Karena rasanya yang enak dan harga yang bersahabat. Rp 15.000/ porsi dan Rp.10.000/ setengah porsi membuat Cuankie Serayu jadi Cuankie Kesayangan , favorit warga Bandung. Antrian pembelinya panjang untuk cabang utama di Jalan Serayu. Saya biasa pergi ke cabang di Jalan Mangga yang sedikit lebih kosong

Mangga atuh kalau ke Bandung jangan lupa mampir ke Cuankie Serayu, jalan Serayu di daerah Jalan Riau atau ke cabang satu lagi di Jalan Mangga dekat Studio Purwacaraka.

image
Bakso dan cuankie siap dihidangkan
image
Cuankie Serayu , Selamat Menikmati

image
Bakso dan siomay goreng siap beraksi

Advertisements

3 thoughts on “Cuankie Serayu Kesayangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s