Kwetiau Aciap Sapi Mangga Besar, Sedap dan Mantap

Semalam saya bersama abang dan orang tua saya pergi ke wilayah Kota. kebetulan perut saya berbunyi kriuk-kriuk, apalagi melihat deretan penjual makanan di wilayah Mangga Besar. Semua jenis makanan ada, tapi memang didominasi Chinese Food. Tapi saya bingung mau makan dimana, apakah halal ?

Abang saya mengajak ita makan di Kwetiau Sapi Aciap di Jalan Mangga Besar Raya no 35 Jakarta Pusat. Didepan gedungnya ada papan Toko Kwetiaw Sapi Aciap dengan tulisan Halal dalam bahasa Arab , sejak tahun 1975.

Memasuki restoran yang penu dengan orang yang sedang makan, aroma sedap mulai menari di indra penciuman saya. Disebelah kiri ada dapur tebuka, dimana kita bisa melihat proses masak, bahan yang digunakan, dll. Saya melihat sebuah etalase khusus daging sapi iris, urat sapi, babat dan usus sapi. Hati saya memekik gembira melihat ini.

Setelah mendapat tempat duduk, kami melihat melihat menu. menu utamanya adalah Kwetiau, Bakmi, Bihun dan Nasi. Variasinya adalah cara masaknya, digoreng, rebus dan toppingnya. apakah sapi atau seafood. Hati ini deg-degan saat melihat menu Kwetiau Goreng Campur. Setelah ditanyakan pada pelayan, ternyata topping nyaadalah campuran daging sapi, usus , babat dan hati sapi. betapa hatiku gembira. Sebagai pecinta Jeroan saya merasa dimanjakan disini. Saya langsung pesan menu ini , sementara Ibu saya pesan Bihun Goreng sapi , Ayah dan Abang saya memesan Kwetiau Goreng Sapi, dan memesan sayuran masak sapi

Tak lama pesanan datang, Kwetiau goreng dengan porsi yang cukup berlimpah, berwarna kecoklatan, dengan irisan daging, usus, babat dan hati sapi, juga sayur dan tauge. Rasanya ENAAAK ! Tekstur kwetiaunya kenyal menuju lembut, rasanya gurih, asinnya pas, ada semburat manis tapi tidak mendominasi, semua rasa bekerjasama dengan indah menciptakan rasa yang Enak ! Setiap gigitan Kwetiau dihiasi dengan baluran telur . toppingnya sukses semua. Babat dan ususnya bersih tak berbau, kenyal tapi tidak alot. taugenya cukup renyah. Hidangan yang pas bagi pecinta Kwetiau.

Saya jadi berpikir, kemana saja saya selama ini baru ketemu si Aciap. makan malam itu makin sedap karena kita ditraktir abang saya.

Mesti balik lagi kesini tampaknya, saya masih penasaran dengan Kwetiaw Siram dan Nasi gorengnya yang tampak endes surendes. Pasti saya ajak AAbang saya lagi, siapa tahu ditraktir lagi. hahaha

IMG_20160327_213308
Kwetiau Goreng Sapi Campur, ada irisan babat, usus , daging dan hati sapi, juga sayur dan tauge

 

 

MenuBihun Goreng Sapi

Advertisements

2 thoughts on “Kwetiau Aciap Sapi Mangga Besar, Sedap dan Mantap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s