#BatuHijauBootCamp dari Timur Ke Barat

​Sebuah perjalanan yang tak biasa segera dimulai.

#BatuHijauBootCamp Dari Timur Ke Barat. 

Kegiatan ini akan mengajak bootcampers melakukan kegiatan sosial di beberapa kota melalui perjalanan menggunakan kereta api, bergerak dari sebelah timur (Sumbawa Barat) menuju sebelah barat (Jakarta). 
Diprakarsai PT Newmont Nusa Tenggara, di setiap titik singgah, para bootcampers akan bergabung dengan bootcampers di daerah asal dan melaksanakan kegiatan sosial bersama di daerah tersebut.

Adapun titik singgahnya adalah :

Sumbawa Barat, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Saat tiba di Jakarta, selain melaksanakan kegiatan sosial, akan diadakan juga kegiatan futsal dengan tim dari NNT 

Batu Hijau Bootcamp: Dari Timur ke Barat dimulai dengan pelatihan “Get Your Amazing Success” di SMPN 1 Maluk, Sumbawa Barat

Sukses adalah suatu kemampuan untuk mengenal potensi diri dan mampu mengembangkan serta mengoptimalkan potensi yang ada, sehingga dapat bermanfaat untuk kepentingan orang banyak, masyarakat, dan dunia. 

Pada dasarnya setiap manusia ingin meraih sukses, namun tidak banyak yang tahu bagaimana caranya.

Sesi pelatihan Get Your Amazing Success ditujukan kepada siswa-siswi SMPN 1 Maluk yang ingin meningkatkan potensi diri dan meraih sukses luar biasa.

Metode pelatihan mencakup ceramah, simulasi, permainan (games), dan dialog interaktif 


Perjalanan berlanjut ke Surabaya dimana bootcampers akan berbagi pengalaman di Yayasan Tunas Hijau , Kampung Nelayan, Pantai Kenjeran, Surabaya

Yayasan Tunas Hijau merupakan sebuah organisasi lingkungan hidup nirlaba dengan moto “Kids and young people do actions for a better earth” yang bermarkas di Surabaya. LSM ini telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain Surabaya Academy Award 2004 dalam bidang lingkungan hidup, penghargaan dari Wali Kota Surabaya pada 2003, serta Miranda Environmental Award dari Millennium Kids Australia, yang diserahkan di Perth, Australia.

Target khalayak yang disasar pada kegiatan kali ini adalah anak-anak nelayan. Bootcampers diharapkan untuk berbagi cerita dan mengedukasi mereka secara menyenangkan tentang pentingnya keseharian hidup yang berwawasan lingkungan, misalnya melalui permainan. Adapun di akhir kegiatan, akan disumbangkan sejumlah keranjang pengomposan takakura dan sebuah mini container sampah.

Selepas Surabaya, bootcampers akan berangkat ke Yogyakarta memakai Kereta Api untuk berbagi bersama Yayasan Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi (YRBK Kagem), Jalan Kaliurang,  Yogyakarta

YRBK Kagem merupakan sebuah lembaga nirlaba yang didirikan pada 19 Oktober 2011. Lahirnya lembaga ini didorong oleh keprihatinan terhadap berbagai permasalahan yang ada di lingkungan sekitar Kagem, terutama di Desa Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. 

Dengan semangat berbagi kepada sesama, Kagem bersama dengan 40 relawan yang merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta bergerak dalam tiga bidang yaitu pendidikan, media, dan kesejahteraan.

Target khalayak yang akan dituju dari kegiatan ini adalah anak-anak sekitar daerah tersebut. Menurut informasi yang dihimpun, kebanyakan orangtua dari mereka berprofesi sebagai buruh. Bootcampers diharapkan untuk berbagi inspirasi mengenai cita-cita dan profesi dengan metode yang menyenangkan sesuai keahlian Bootcampers. Adapun di akhir kegiatan, akan disumbangkan buku-buku bacaan, papan tulis, meja belajar, dan alat pendukung pengajaran lainnya.

Lalu perjalanan mengarah ke Jakarta, tepatnya ke Yayasan AirPutih Jagakarsa, Jakarta Selatan

AirPutih merupakan lembaga yang mendorong masyarakat agar melek teknologi informasi (TI) dan menjadikannya alat untuk mewujudkan sebuah masyarakat yang kuat di Indonesia. Langkah AirPutih untuk mewujudkan hal itu, antara lain dengan meningkatkan kemampuan dan pemahaman masyarakat terhadap TI. 
Tak hanya itu, open source sebagai kunci pembukaan akses TI yang murah dan mudah juga menjadi lahan yang terus digarap oleh AirPutih.

Target khalayak yang ingin disasar dari kegiatan ini adalah anak-anak Yayasan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim sejumlah 10 orang. Bootcampers diharapkan dapat memfasilitasi kegiatan pelatihan dan sosialisasi pemanfaatan internet sehat yaitu untuk memberikan pemahaman bagi anak-anak panti asuhan tentang keuntungan dari pengunaan internet secara sehat. Adapun di akhir kegiatan, akan disumbangkan sebuah komputer.

   

Inti dari seluruh kegiatan sosial yang akan kita lakukan adalah berbagi inspirasi dan pengalaman dengan adik-adik di berbagai daerah. Menyebarkan manfaat dan pengalaman para bootcampers yang memiliki latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang beragam.

Semoga perjalanan ini lancar dan menyenangkan, dan memberikan manfaat maksimal bagi semua yang terlibat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s