#BatuhijauBootcamp Berbagi Ceria di Komunitas Anak Kaki Gunung Merapi

Kegiatan #batuhijaubootcamp berlanjut di Kagem. Lokasinya ada di daerah Gondangan , Kaliurang Jogjakarta, disana adik-adik sudah menunggu kami sambil belajar. Beberapa sedang mengerjakan PR dan tugas sekolah didampingi Kakak mahasiswa volunteer.
Kedatangan kami disambut Ibu Susi , para Pengurus Komunitas Kagem dan juga para volunteer disana. 

Di Komunitas  Belajar Anak Kaki Gunung Merapi ( Kagem)  ada 50 orang anak yang terdaftar , dan ada 20 orang kakak mahasiswa dari berbagai kampus di Jogjakarta yang menjadi volunteer nya.  

Komunitas Kagem, menyediakan tempat dan bimbingan bagi anak-anak kurang mampu dalam radius 5 KM dari tempat mereka.

 Sebuah tempat di ujung sebuah perumahan mungil. Ada beberapa pendopo tempat mereka belajar dan bermain. Anak-anak ini didampingi belajar diluar sekolah. 

Disana juga tersedia perpustakaan bagi anak-anak. Koleksi bukunya lumayan banyak. Tapi akan lebih lumayan kalau ditambah lagi.
Di Komunitas Kagem ini anak-anak datang dari kalangan kurang mampu dan juga anak-anak disekitar lokasi mendapatkan bimbingan dan juga tutor dari para mahasiswa volunteer. Rata-rata datang dari keluarga butuh maupun supir.

Disana #batuhijaubootcamp memberikan hiburan penyemangat yang dipimpin oleh  Mas Aan dari Sumbawa sehingga suasana menjadi meriah. anak-anak berkumpul di lapangan , Bootcampers Aan memulai Ice Breaking. Supaya situasi cair dan tambah menyenangkan. Aneka permainan dan nyanyian dilakukan sehingga anak-anak menjadi lebih akrab dengan kami. 

Setelah situasi mencair , dibagilah kami dalam beberapa kelompok. Saya dan Bootcampers Dee bertugas di kelompok dua. Di kelompok ini kami membuat lingkaran dan berdialog dengan adik-adik soal mimpi dan cita-cita. Walaupun datang dari kalangan kurang mampu, tapi cita-cita mereka tinggi dan mulia. Seperti Rahma yang ingin menjadi Dokter Hewan , Ega ingin menjadi Tentara , Najwa ingin menjadi guru.

Siapa yg mau jadi Guruu ?

 Lalu Davin ingin jadi pesawat. Lho Kok ? harap maklum Davin ini baru berumur 4 tahun, jadi kami membiarkan dia menjadi pesawat seperti keinginannya.

Karena selalu aktif, sulit juga memotret Davin

 Saya dan Dee juga bercerita soal cita-cita dan pengalaman kami dalam hidup, semoga bisa menginspirasi jalan hidup mereka.
Setelah ngobrol tiap kelompok dipersilakan untuk menampilkan yel-yel masing-masing, setelah itu mengikuti games kekompakan dimana tiap anak memegangi seutas tali plastik yang sudah disusun sedemikian rupa supaya bisa dipegang bersama-sama , dengan gelas plastik ditengahnya yang berisi air. Lalu bersama-sama air itu harus dipindahkan kedalam ember. 

Alhamdulillah walau masih kecil-kecil , kelompok 2 berhasil dan sukses dengan kompak melakukan tugasnya.
Lalu diadakan games kekompakan lagi yang membuat anak-anak, kami bootcampers dan kakak volunteer bergembira bersama.

Setelah acara selesai, semua anak mendapat hadiah yang diserahkan secara simbolis oleh blogger famous Cumilebay

Setelah itu diberikan bantuan dari PT Newmont Nusa Tenggara diwakili Pak Arie Burhanuddin kepada Ibu Susi sebagai pengurus Komunitas Kagem

Ada satu momen menakjubkan, saat Bram Aditya memakai drone nya untuk mendokumentasikan momen ini. Anak-anak begitu takjub melihat drone. Semua senang dan bergembira melihat nya. Terutama Davin si pecinta pesawat terbang. 

Acarapun selesai, karena sudah sore anak-anak harus pulang ke rumah masing-masing, berulaskan senyum di wajah mereka.

semoga pertemuan singkat kali ini bisa memercik semangat mereka supaya tetap belajar dengan rajin dan mengejar cita-cita, sehingga kelak akan jadi orang yang berguna.

Advertisements

8 thoughts on “#BatuhijauBootcamp Berbagi Ceria di Komunitas Anak Kaki Gunung Merapi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s