My Trip To Pantai-Pantai Sumbawa Barat 

Salah satu pantai di Sumbawa Barat, Pantai Lawar

Perasaan saya sudah menulis tentang keindahan pantai-pantai di Kabupaten Sumbawa Barat deh.

 Itu Betul, tapi saya menulisnya di Steller https://steller.co/s/5cGAgdPfJ29 bukan di Blog. Sayang juga kalau sampai tidak diceritakan.

Seperti kita tahu, Nusa Tenggara Barat memiliki gugusan pantai yang menakjubkan, tapi selama ini saya hanya fokus ke pantai-pantai yang ada di lombok dan sekitarnya. Tapi kalau kita menyebrang ke pulau di sebelahnya. Dhuarrr. Masih banyak pantai yang bagus banget disana.

Indonesia emang gak ada matinya kalau soal keindahan pantai deh.

Dalam rangka #NewmontBootcamp di bulan Februari 2016, saya berkesempatan mengunjungi beberapa pantai yang amat bagus dan harus banget dikunjungi.

Untuk datang ke Kabupaten Sumbawa Barat, Dari Jakarta terbang selama 2 jam ke Bandara Praya Lombok, lalu naik bus selama 2 jam ke Pelabuhan Kayangan, untuk kemudian berlayar ke Benete selama sejam, atau ke Poto Tano memakai Ferry waktu perjalanannya lebih lama, kira-kira dua jam. Karena letak Benete dan Poto Tano cukup jauh.

Karena saya ikut program #newmontbootcamp, saya naik Kapal Tenggara Satu ke Benete.
Tapi sebelumnya harus diceritakan dulu Pelabuhan Kayangan yang amat indah, airnya biru dan tenang dan jernih sekali. walau ada satu dua sampah plastik, tapi kita bisa melihat dengan jelas ikan-ikan berseliweran di dermaga. Gemes pengen nyebur deh.

Pelabuhan Kahyangan

Selama satu jam perjalanan menuju Maluk dengan kapal cepat Tenggara satu juga memberi sebuah pengalaman yang menakjubkan, Sesampainya di Pelabuhan Benete, Maluk , penglihatan saya disajikan pemandangan pegunungan hijau yang megah, seakan memeluk teluk yang memiliki air biru penuh misteri. 

Pantai Benete yang damai

Sesampainya di Benete juga saya masih terpesona oleh kejernihan air di dermaga, dan tetap ikan-ikan aneka warna berenang seakan mengajak ikut serta.

Berikut Pantai-Pantai Indah di Sumbawa Barat yang saya Kunjungi 

1. Pantai Benete 

Pantai ini paling dekat ke dermaga Benete, Situasi pelabuhan yang tenang , ikut menulari ketenangan Pantai Benete. 

Pantai Benete, di kejauhan terlihat Tenggara 1

Pasirnya kecoklatan, Tapi tetap bagus Kok. Tempatnya bersih , dengan pemandangan pelabuhan dan perbukitan yang indah.  

Pantai Benete

Salah satu kelebihan dari pantai ini adalah restoran sea food di pinggir pantai yang menyajikan aneka hidangan laut. kalau boleh saran, pesan Ikan Bumbu Sepat. sebuah hidangan khas Sumbawa Barat menggunakan bumbu sepat yang rasanya sangat khas karena menggunakan bumbu-bumbu lokal. Hidangan lain juga sedap karena bahannya yang segar, maklum di pinggir pantai.

Kepiting, Ikan Bakar, Ayam Taliwang, Bumbu Sepat
Ikan Bakar siap dicelup ke bumbu sepat. Sedap

Kegiatan yang menurut saya asik dilakukan selain makan adalah leyeh-leyeh manja tapi bermartabat, hahahaha

2. Pantai Maluk, 
Maluk adalah pantai yang pengelolaan pariwisatanya paling mumpuni dibanding yang lain. Dengan pantai yang bersih berwarna biru tosca dengan pemandangan laut dan perbukitan, disini telah dibangun fasilitas pariwisata yang mumpuni. 

Maluk punya Signboard sendiri , kekinian

Tempat parkir yang luas , foodcourt, dan satu kelebihan dibanding pantai lain adalah ada tempat penangkaran Penyu.

 

Melepas tukik ke laut. Good luck ya. Please come back
Kalau beruntung, kita bisa membantu melepaskan tukik atau anak penyu yang sudah menetas. Dan mereka kembali lagi ke tempat dia menetas puluhan tahun lagi, kalau dia selamat dan bisa bertumbuh besar. 

Melatih Ayam untuk Karapan

Pada kesempatan itu juga saya sempat melihat beberapa orang melatih ayam untuk karapan ayam, sang ayam akan dibawa ke tengah laut, untuk lalu berenang ke tepian, ayam itu dilatih untuk stamina saat karapan nanti. Terbayang serunya nonton karapan ayam, Saya belum dapat kesempatan untuk menonton.

Sayangnya sore itu mendung, perlahan Maluk dituruni hujan. Pemandangan sunset Jadi dramatis

Akhirnya Kita duduk di foodcourt menikmati pisang goreng pakai Sambel

3. Pantai Poto Batu

Pantai ini terletak di di daerah Labu Lalar, dekat dengan Kota Taliwang. Pemandangan dengan kendaraan menuju pantai ini sunggulah cantik. Kontras pepohonan hijau, lautan biru dan awan-awan di langit sangatlah memanjakan mata. 

Sesampainya disana, kita disuguhi pemandangan pantai berpasir coklat  dan banyak bebatuan. 

Cukup bersih, tapi ada satu susunan batu yang menarik dari Poto Batu. 

Ada sebuah Batu besar yang ternyata memiliki Gua yang cukup besar. Bagus banget buat difoto. Sempat sebal ada beberapa coretan pylox disana. Entah apa maksudnya. Kasian amat perlu corat coret buat mendapatkan rasa exist. Ga pede amat sih. Balik lagi ke Poto Batu, buat jeprat jepret cukup baguslah disini

Pantai Kertasari

Pantai ini agak berbeda dibanding pantai yang lainnya. Karena pantai ini adalah pantai dengan penduduk yang cukup banyak. 

Salah satu rumah di Desa Kertasari

Tapi jangan salah, tetap seru berwisata di Kertasari. Desa ini adalah desa penghasil Rumput laut kualita bagus yang nantinya akan dijual untuk membuat kosmetik dan lain-lain. 

Penduduk Kertasari cukup memerhatikan kebersihan pantai ini. Berpasir putih, dengan garis pantai yang cukup panjang, ada suatu hal menarik yang ada di pantai. Apa itu ? disini banyak kebun Rumput Laut ! 

Pertanian rumput laut

Jenis yang dibudidayakan disini adalah Eucheuma Cottoni Tiap warga Kertasari memiliki kavlingnya sendiri. Masa tanamnya kira-kira 45 hari sudah bisa di panen, seru juga bisa melihat proses menanam, memanen, menjemur dan mengolah rumput laut. 

Kami juga berkesempatan mencicipi makanan khas Selayar. Jadi warga disini adalah keturunan Selayar nun jauh di sulawesi sana. Ada menu Urap Rumput Laut. Sate Kerang Mata Tujuh yang sedap, Ikan Masak Sepat, dan juga Ayam rica-rica. Dessertnya Es Rumput Laut pakai Kelapa dan Gula merah. Makan mewah kita hari itu. Kita juga bisa melihat para Ibu kertasari membuat kain tradisional menggunakan alat penenun tradisional di bawah rumah panggung. 

 

Penenun kain tradisional dibawah rumah
Setelah makan, berjalan-jalan lagi di pantai berpasir putih. Walaupun di belakang banyak rumah penduduk, tapi saya salut dengan kebersihan pantai ini. Kertasari sangat unik , karena selain pantai berpasir putih yang indah, kita juga bisa melihat kearifan lokal yang dijunjung tinggi disini.

Pantai Lawar
Pantai ini dekat dengan daerah Sekongkang, letaknya ada dibelakang Hutan Wisata Lawar. Uniknya Pantai ini gugus pantainya tidak begitu panjang, kira-kira kurang dari sekilo. Karena dibatasi perbukitan dan bebatuan. Ada banyak bebatuan yang menjadi dekorasi Pantai Lawar. Tapi justru meenambah istimewa pantai ini. Pasirnya putih dan indah sekali saat dilihat kontras dengan laut.  

Pantai Rantung

Ini Pantai favorit saya diantara pantai lain yang saya kunjungi. Gugus pantainya panjang sekali. Pasirnya putih bertekstur mirip merica,
 Lalu ada beberapa jenis pantai disini, ada pantai Yoyo, khusus bagi para pecinta olah raga surfing. 
Ada juga sebuah teluk kecil, yang amat tenang dan damai, dengan lagoon kecil dan juga berair tenang.

Teluk mini dengan lagoon nya sendiri

Tapi Pantai Rantung sendiri sangatlah spektakuler. Apalagi suasananya sepi ! Mewaaah ! Bisa berlama-lama ber siesta manja di pantai ini. Dan pemandangan sunset nya menjadi salah satu pemandangan Sunset paling bagus yang pernah saya lihat !

Masih banyak pantai Bagus di Sumbawa Barat yang belum saya kunjungi, seperti Pantai Tropicana , salah satu destinasi Surfing, Lalu Pulau Kenawa, pulau Kosong yang bagus sekali pemandangannya, Pulau Moyo dan banyak lagi.
Tampaknya harus melakukan perjalanan lagi kesana pemirsa !

Ada yang mau join #Aiptrip ? yuk ! 

Advertisements

9 thoughts on “My Trip To Pantai-Pantai Sumbawa Barat 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s