Berpetualang Dalam Rasa , Di Negeri Penuh Senyuman

Sawadee Khaap….

Lalu seulas senyum tulus mengiringi sapaan itu…

Salah satu image yang teringat dari orang Thailand adalah keramahan dan ketulusan senyumnya. Membekas di hati. Selain itu ada satu hal lain yang akan selalu terkenang, Makanan Thailand. 

Hidangan Thailand penuh cita rasa

Rasanya akan selalu teringat, di dalam kenangan dan juga di lidah. Tidak akan terlupa..

Perjalanan ke Thailand adalah sebuah petualangan dalam Rasa , Di Negeri Penuh Senyuman. Kemanapun kita pergi, akan disambut dengan senyuman dan aneka makanan enak ! 

Ada sesuatu yang familiar dalam masakan Thailand, tapi sekaligus asing dan eksotis di lidah saya. Mungkin karena kita adalah negara yang bertetangga. Tapi walaupun berbahan sama, ada perbedaan rasa yang mendasar antara masakan Indonesia dan masakan Thailand. 

Sungguh sebuah petualangan rasa yang menarik di kala menyantap masakan Thailand. Itulah kenapa Masakan Thailand mendunia dan disuka banyak orang.

Terakhir kunjungan saya ke Thailand pada tahun 2000, disaat menikmati pariwisata, kebudayaan dan pengalaman shopping yang seru, ada satu hal yang akan selalu terkenang dan ingin saya ulangi. Wisata Kuliner. Terus terang saya lupa nama tempat yang saya kunjungi saat itu. Tapi satu hal yang akan selalu teringat yaitu soal RASA ! Takkan terlupa ! 

Kadang membayangkan atau melihat fotonya saja saja sudah bisa membuat air liur menetes. Saya ingin kembali ke Thailand, memperkaya khazanah kuliner Thailand, dan kali ini saya ingin mendokumentasikannya dengan benar dan detail di blog saya. 

Dengan informasi yang lengkap,  foto, dan cerita pengalaman saat itu tentunya.

Makanan Thailand adalah makanan yang selain sedap juga menakjubkan dari berbagai sisi.

Ada banyak hal yang bisa dibahas, tapi saya ingin bertualang di beberapa hal ini :

Petualangan Rasa, 

Seporsi Tom Yam Goong Panas dan Lezat

Sama seperti makanan Indonesia yang penuh citarasa. Makanan Thailand juga menimbulkan ledakan-ledakan rasa yang membuat lidah dan otak kita gembira. Bayangkan betapa kayanya cita rasa Makanan Thailand. Kita ambil contoh salah satu makanan Thailand paling banyak disuka, dan salah satu favorit saya , Tom Yum Gong.

Tom Yang Goong dengan Udang dan aneka rempah sedap

Dalam sebuah sup , lidah kita bisa merasakan lapisan-lapisan rasa yang kompleks, Dimulai dari rasa asam, lalu asin, pedas, dan juga gurih. Belum segala aroma yang ada disana, aroma Lengkuas, lalu sereh, Kecap , ikan, Cabai rawit, dll semua menyatu dalam harmoni rasa Tom Yum Goong saat dipadukan dengan bahan isian nya seperti ayam atau seafood. Orang Thailand berani bumbu dalam memasak. Hampir sama dengan Orang Indonesia. Dan menurut saya ada proses berpikir bagaimana membangun rasa supaya optimal.

Tom Yum Goong masakan saya, divariasikan dengan Baso Cumi, Baso Sapi dll

Saya sendiri sampai sekarang masih berusaha menemukan formula bumbu Tom Yum Goong saat saya memasaknya. Sudah beberapa resep di Internet , beberapa botol bumbu Tom Yum saya coba, belum ada yang memuaskan saya dan menimbulkan rasa penasaran supaya bisa sesuai dengan rasa aslinya di Thailand.

Jangan lupa cicipi Thai Ice Tea yang menyegarkan
Itu baru makanan utama, belum lagi pencuci mulut. Betapa hebatnya Mangga segar ditabrakan dengan Ketan gurih bersantan yang manis legit penuh aroma. Belum lagi makanan pembuka. Rasa adalah keunggulan makanan Thailand. Kita akan selalu dimanja oleh rasa yang kaya, istimewa, tidak sederhana, tapi membentuk sebuah harmoni yang pas di lidah. Saya selalu berfikir bagaimana cara Orang Thailand melakukannya. Penasaran dibuatnya.

Petualangan Mata

Kratong Tong, Sebuah sajian pembuka Thailand penuh warna

Makan makanan Thailand adalah sebuah pengalaman yang memanjakan mata. Selain rasanya yangenak, mata kitapun akan dihibur oleh aneka bentuk dan warna. Merah, Jingga, Hijau, Kuning, putih, semua warna . Makanan Thailand selalu cantik berwarna. Bahkan makanan sederhana sekalipun. Kecantikan plating, garnish, dan keseluruhan presentasi makanannya membuat nafsu makan bertambah. Walau terkadang sedih, makanan cantik harus kita rusak pas dimakan. Tapi kesedihan itu jadi rasa gembira, saat lidah mencecap rasanya. 

Petualangan  Bahan Makanan

Masakan Thailand konsisten memakai bahan makanan segar dalam setiap resepnya. Terkadang menggunakan bahan yang di luar kebiasaan. Bayangkan , pepaya muda yang jarang dilirik sebagai bahan makanan bisa menjadi menu idola. 

Som Tam atau Thai Papaya Salad. Serutan Pepaya muda dikombinasikan dengan kecap ikan, cabai rawit dan bumbu-bumbu, kacang tanah untuk tekstur bisa jadi hidangan pembuka yang spektakuler. Sedap bikin pengen nambah lagi.

Satu lagi yang membuat saya kagum di Thailand adalah ketersediaan Seafood yang segar dan berkualitas baik. Ikan, Cumi-cumi, udang , Lobster dan banyak lagi. Sayur dan buahpun semuanya kualitas prima. Bisa dimaklumi karena Thailand sangat maju dibidang pertanian. Raja Bhumibol Aduljadej yang baru saja mangkat sangat memperhatikan kemajuan di bidang pertanian Thailand. Menurut saya itu salah satu bentuk cinta beliau kepada rakyatnya. Supaya rakyatnya tetap sejahtera, beliau mendirikan pusat riset pengembangan pertanian dan menyebarkan hasil riset soal tanaman bibit unggul kepada rakyatnya. Bukan soal tanaman saja, dibidang perikanan juga setahu saya.

Fried Fish with Thai Sauce

Bahan-bahan makanan berkualitas tinggi , selain memiliki rasa yang lebih sedap, pastinya unggul kualitasnya. Dan menurut saya , makanan Thailand , adalah bentuk cinta Raja pada Rakyatnya, dan sebaliknya. Rakyat mengolah bahan makanan berkualitas untuk menghormati budaya dan juga Rajanya. 

Petualangan Kreativitas

Aneka makanan Thailand lahir dari kreativitas tinggi. Contohnya Ayam Goreng Pandan. Atau Gai Hor Bai Toy,  adalah salah satu bentuk kreativitas dari kuliner Thailand. Siapa yang berpikir kalau ayam dibumbui, lalu dibungkus pandan dan digoreng bisa menjadi hidangan yang luar biasa !

Atau Ikan Masak 3 Rasa. Siapa yang berani mengkombinasikan 3 rasa sekaligus dalam suatu hidangan.

Kalau eksekusinya kurang baik, bisa gagal masakannya. Tapi kreativitas dengan keahlian memasak yang mumpuni bisa membuat sesuatu yang tidak biasa jadi luar biasa ! 

Belum aneka kreasi garnish makanan , aneka hidangan penutup yang banyak macamnya. Makanan Thailand selalu membuktikan bahwa para kokinya adalah orang-orang super kreatif. 

Petualangan Tempat Makan

Pad Thai, makanan populer sederhana dengan rasa yang maksimal

Makanan Thailand mau makan di Restoran atau di Street Foodnya rasanya tetap juara. Tentunya ada perbedaan servis, atomsfir, kenyamanan dan pengalaman, tapi soal rasa tetaplah sedap. 

Tergantung dari sudut pandang memang, tapi kalau saya pribadi, tidak masalah untuk makan di kedua tempat tersebut. Pengalaman makan di pinggir jalan makan pad thai sederhana, tapi rasanya sungguhlah mantap. 

Misalnya , seporsi Pad Thai yang terkenal itu, digoreng di sebuah gerobak dorongan. Kita bisa melihat langsung cara memasaknya, mencium aromanya saat dimasak dan saatnya disajikan untuk Kita makan. Rasanya Luar Biasa !

Saya juga belum mencicipi aneka jajanan pasar yang amat beragam dan beraneka rupa. Satu hal yang ingin saya coba.

Suasana Restaurant Jittlada Senayan City

Pengalaman makan di restoran pun sangat mengesankan. Duduk bersama di depan meja bundar , dengan aneka hidangan mulai ayam goreng pandan, sayuran, sebuah tempat soup dari logam yang ketika dibuka berisi Tom Yum Goong panas, berasap membawa aroma yang luar biasa , udang bergelimang kuah Tom yum yang berwarna merah kejinggaan menggugah selera, lalu masakan ikan yang pastinya segar dan penuh cita rasa. Mau itu masakan seorang Chef, atau masakan dari juru masak restoran pinggir jalan , semuanya lezat. 

Siap-siap terkejut dengan hidangan yang disajikan. Jangan anggap remeh tempat dan siapa yang memasaknya. Semuanya sedap.  

Ingin saya mengulang lagi petualangan Rasa di Negeri Penuh Senyuman. Semoga saya mendapatkan kesempatan yang menakjubkan ini. Kali ini saya akan lebih jeli mendokumentasikannya, belajar lebih dalam lagi, dan Mengabarkan pada dunia. Dan juga berjumpa lagi dengan keramahan khas Orang Thailand juga kebudayaannya yang indah. 

Amazing Thailand

Khap Khun Khaab

9 thoughts on “Berpetualang Dalam Rasa , Di Negeri Penuh Senyuman

Leave a Reply

