#AipTrip2016

Sepanjang 2016, saya bersyukur bisa melakukan beberapa kali #AipTrip, lebih sering dari tahun 2015 !!

Tahun 2016 ini saya mendapatkan banyak kesempatan menarik untuk bepergian yang tentu saja diberi hastag #aiptrip ke berbagai daerah di Indonesia. 

Satu hal yang saya pelajari dan perbaikan di 2016 adalah menuliskan semua perjalanan saya dalam blog supaya terdokumentasikan dengan baik. Jangan lupa pasang foto yang bagus dan menarik supaya lebih enak dibaca. Sebelumnya malas sekali update Blog. Tapi ternyata selain bisa jadi journal pribadi, blogging bisa membawa saya ke beberapa tempat dan kesempatan yang tak terbayangkan sebelumnya. Masih banyak yang perlu diperbaiki, Tapi grafiknya naik lah.

Keep up your blog people !

Dimulai dari Awal Tahun, #AipTrip Berbuka dengan kepergian saya ke Kota Garut, tempat saya bertumbuh kembang dahulu, saat masih kanak-kanak. Setelah beberapa hari sebelumnya ngos-ngosan mendaki Gunung Galunggung , trip kali ini ke Garut terasa begitu berarti, karena bisa mengunjungi sekolah saya dulu. Sayang masih pada libur , jadi tidak bisa berjumpa dengan para Guru zaman saya sekolah dulu. 

TK saya dulu

Saya juga berkesempatan belanja di outlet Chocodot yang menjual aneka Rupa Coklat unggulan produksi asli Kota Garut. Bentuk usaha kreatif daerah yang keren sekali.

Di bulan January juga saya mengikuti lomba Menulis Blog yang diselenggarakan oleh PT Newmont Nusa Tenggara bekerjasama dengan Metro TV. Alhamdulillah saya terpilih menjadi 20 orang terbaik yang karya tulisnya dinilai bagus dan akan berangkat untuk belajar dan hidup di Tambang site PT NNT di Batu Hijau, Sumbawa Barat. Peristiwa | Inilah 20 Pemenang Peserta Newmont Bootcamp 2016

February

Menghabiskan 9 hari di Sumbawa Barat merupakan pengalaman yang mengayakan pengalaman saya. Selain belajar soal proses produksi konsentrat Tembaga yang lebih ramah pada lingkungan. Bagaimana usaha mereka supaya lingkungan terjaga patut diacungi jempol. Pengelolaan air terdampak tambang yang diolah sedemikian rupa supaya tidak berdampak pada air Alam, Dan bisa dipakai lagi dengan sistem pengairan yang masif , lalu program pengembalian fungsi lahan bekas tambang menjadi Hutan kembali yang terus berlanjut, dan beberapa sudah sukses menjadi hutan lagi. Dan tentunya evaluasi kondisi lingkungan dengan cara-cara ilmiah, supaya tetap terkontrol sehingga mendapatkan sertifikasi nilai tinggi dari pemerintah. 

Selain itu kita juga bisa mengalami kehidupan ala pekerjaan tambang yang tidak seseram yang saya kira. Bisa berjumpa dengan masyarakat sekitar tambang, berinteraksi untuk mengetik kondisi mereka dan dampak tinggal di wilayah lingkih tambang dan juga melihat keindahan alam Sumbawa Barat yang tetap lestari walau ada kegiatan penambangan. Benar-benar perjalanan yang merubah persepsi saya terhadap tambang, dan membuat standard saya terhadap tambang lebih tinggi. 

Mine Site Batu Hijau
Pose di Haul Truck

Silakan baca beberapa tulisan saya selama mengikuti program #newmontbootcamp

Batu Hijau , Permata Sumber Kehidupan

perkara makan di tambang

Pembuktian si Orang Curiga

Pengalaman Hampir Menjungkalkan Truk Raksasa

Desa Kertasari

Keindahan Pantai Sumbawa Barat

Pada Bulan Maret

 #Aiptrip ke Ujung Genteng. Perjalanan cukup lama dengan membawa Mobil sendiri. Perjalanannya 8 jam dari Jakarta !!!

Tapi sepadan dengan pemandangan alam Ujung Genteng, bisa melepas tukik , mencoba aneka seafood enak dan juga perjalanan penuh nuansa hijau hutan dan pepohonan favorit saya.

Silakan dibaca #aiptrip ke Ujung Genteng

Di bulan Maret juga sempet mampir mengunjungi Rumah Anyo, tempat singgah anak-anak pengidap kanker. Dimana mereka masih bisa Ceria Dan menjadi anak-anak walau sakit berat. Mereka sangat inspiratif dan jarang mengeluh. Tetap kuat walau tidak sehat. Baca kisahnya yang mengharukan di postingan

ketemu anak-anak Anyo

Bulan April 

Ternyata setelah membaca tulisan dan memperhatikan aktivitas social media selama #newmontbootcamp , saya dan beberapa alumni #newmontbootcamp terpilih kembali untuk melihat langsung tambang yang sudah ditutup dan dalam proses menjadi Kebun Raya. Sebuah perjalanan yang agak kontroversial, karena kami pergi ke Teluk Buyat, di Minahasa Tenggara yang tempat bikin geger beberapa tahun yang lalu. 

Perlu Jip khusus untuk bisa datang ke bekas tambang, karena sudah berubah jadi hutan
Kapan lagi naik mobil berdiri. Ini masih di jalan penduduk , menuju bekas lahan tambang

Lewat Menado, kami pergi ke campsite PT Newmont Minahasa Raya di Pantai Lakban. Lalu pergi melihat bekas lahan penambangan PT Newmont Minahasa Raya.  

Disana kami takjub melihat hutan lebat yang berdiri di atas bekas lahan tambang. Aneka pepohonan tumbuh subur , rapat bagai hutan belantara. 

Sempet bingung penasaran tambang ya sebelah mana. Gak keliatan karena sudah jadi hutan.  Pemandangannya sangat indah. Tahun 2017 ini rencananya akan diserahterimakan pada pemerintah setempat dan menjadi Kebun Raya.

Bekas tambang Emas dilihat dari Look Point
Bukit Harapan yang ada diantara Teluk Buyat dan Ratatotok

Kita juga diajak melihat situasi laut dan juga bertemu dengan penduduk setempat untuk melihat efek Pencemaran yang “katanya” terjadi disana. 

Tidak terlihat tuh efek Pencemaran Berat di Laut. Semuanya normal, sehat dan indah. Sempet juga mencicipi Ikan tangkapan di Teluk Buyat. Aku baik-baik saja setelah mengkonsumsinya.

Para nelayan bisa memanen ikan lebih banyak dari masa lalu, karena ada projek budidaya Karang untuk meningkatkan kualitas biota laut. Kita juga sempet mampir ke danau Linow dan melihat kota Menado.

Baca tulisannya di

Berani Makan Ikan di Buyat ?

mau apa ke Teluk Buyat?

Bubur Tinutuan 

Baca #Aiptrip ke danau Linow yg Huwow

Bulan Mei

Di bulan kelahiran saya #Aiptrip berangkat ke daerah Banjar untuk menyusuri Jalur Lintas Selatan   lewat Pangandaran dan pantai-pantai indahnya sampai Cipatujah. Makan sea food dan pergi ke Tasikmalaya

Silakan dibaca road trip ke Pangandaran dan Pantai Jalur Selatan

Di bulan ini sempet juga jalan-jalan ke tempat selfie hits di Bandung #Aiptrip ke The Lodge Maribaya

#Aiptrip goes to Singapore, untuk lebih mengenal daerah Little india dan sekitarnya.     

Bulan Juni

#Aiptrip Goes to BSD buat Wisata Kuliner ! Siapa sangka disana banyak tempat makan enak dan variasi yang menggiurkan ! 

Baca #Aiptrip my Trip to BSD

Juli

#AipTrip goes to Monas ! Sebuah perjalanan pencarian Pokemon yang berubah menjadi perjalanan mengapresiasi Monument kebanggaan Indonesia. Mengekspresikan kembali fasilitas Monas yang makin rapi dan cantik

Baca #aiptrip ke monas 

Agustus

#Aiptrip ikut dalam #BatuHijauBootCamp , sebuah program berkonsep charity yang diprakarsai PT Newmont Nusa Tenggara yang dalam proses menjadi PT Amman Mineral Nusa Tenggara. 

Perjalanan dimulai dari Sumbawa, lalu ke Surabaya melakukan kegiatan charity dan advokasi buat anak-anak kurang mampu. Kita dibagi menjadi Dua Group  Barat dan Timur. Group Timur mulai dari Sumbawa , sementara Group Barat baru bergabung di Jogjakarta , dimana kita datang ke Komunitas Kagem, untuk berjumpa dan bermain dengan anak-anak yg belajar disana. Program ini juga diselipi dengan jalan-jalan ke Gumuk Pasir Parangkusumo, Museum Ullen Sentalu. Wisata Kuliner Jogja yang mempesona lidah saya. 

Lalu kita naik kereta Api beramai-ramai ke Jakarta untuk datang ke Yayasan Benih Kebajikan AL Hasyim di Jagakarsa, dimana bootcampers mengajari anak-anak belajar komputer dan menyerahkan bantuan sebuah komputer baru untuk dipakai belajar.

Diakhiri dengan acara ramah tamah di Hotel all seasons Jakarta setelah mengikuti pertandingan futsal yang bikin saya ngos-ngosan tapi rame

Program #BatuHijauBootcamp #AMMANMineral memperoleh #GoldenWordlAwards 2016 untuk kategori ” Manajemen Reputasi dan Brand Online”  dalam #IPRA (International Public Relations Association) Awards 2016.

#AmmanMineral menjadi perusahaan tambang pertama asal Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini. 
Penghargaan ini diberikan dalam acara Gala Dinner di Doha, Qatar pada Sabtu 5 November 2016 dan diterima langsung oleh Pak Syaraffuddin Jarot dan Pak Arie Burhan dari PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara

Baca tulisannya di

#BatuHijauBootcamp di yayasan Kagem

#BatuHijauBootcamp di Jakarta

 main di Gurun Pasir

ketemu anak Komunitas Kagem

Mengajar Komputer di Al Hasyim

mencicipi pengalaman Cinta , Rangga dan Pak Bari

September

#Aiptrip goes to Gunung Sawal untuk melakukan pencarian 7 Curug legendaris di wilayah Kerajaan Panjalu. Sempet mampir ke Situ Panjalu dan seru banget naik turun bukit mencari Curug Tujuh. Suasana yang Hijau alami dan menyegarkan membuat pencarian lebih menyenangkan.

 Pengalaman pencarian 7 Curug Legendaris , silakan diklik saja 

Sebelumnya sempat mampir ke Situ Panjalu

#Aiptrip juga jalan-jalan ke wilayah di Kota Tua, stalking #semasadikotatua sebuah program pembukaan kembali Gedung di Kota Tua. Sungguh menarik melihat bangunan bersejarah yang dibilang kembali untuk umum , ceritanya bisa dibaca di Semasa Di Kota Tua

Oktober

AipTrip goes Jawa Timur an, salah satu daerah yang belum di eksplor adalah Banyuwangi, jadi pergilah saya kesana. 

Akhirnya bisa main ke Africa Van Java di Baluran, Main ke Pantai Bama, mampir Ke pantai Watudodol, 
Lalu berenang bersama Ikan Hiu di Bangsring Underwater Main bareng ikan hiu

main ke Kampung Adat Osing di Kemiren, lalu basah-basahan di Air Terjun Jagir

Karena Pulau Bali keliatan melulu, secara impromptu berangkatlah menyeberang Selat Bali. 

 menginap semalam, kita main ke Pandawa Beach, liat Sunrise di Sahur, lalu pergi ke Bedugul, dan mampir ke Pura Ulun Danu yang mempesona diatas danau Beratan. 

Sempet juga mampir ke danau buat sekedar selfie semata. 

Soal Danau Beratan Dan Pura yang indah silakan dibaca di   AipTrip goes to Pura Ulun Danu Beratan

Tak lupa mencicipi masakan khas Gilimanuk, Ayam Betutu Ibu Lina yang terkenal.

Baca tulisannya di

Pesona Budaya Osing

Ayam Betutu Ibu Lina Gilimanuk

bermain di Baluran

Pesona Rawon Bi Atik

November
#Aiptrip goes to Singapore, untuk lebih mengenal Singapore Botanic Gardens yang mengesankan

Sempet juga mencicipi Makanan menu sederhana rasa istimewa, RM Kenanga Garut baca di 

harta karun kuliner Garut

December

Karena kondisi kesehatan , saya ga bisa #Aiptrip, namun kesempatan itu tiba saat saya sedang terapi Alternative di Tasikmalaya , saya bisa jalan-jalan ke Situ Gede, sebuah danau Indah yang letaknya di pinggir kota , 

silakan dibaca di

Jalan-jalan ke Situ Gede

Pengalaman yang menyenangkan setelah berminggu-minggu dalam ruangan terus, bisa melihat keindahan alam sangatlah menyegarkan 

Terima Kasih 2016 untuk kesempatan , kesenangan dan juga berbagai pengalaman, terutama travelling ke beberapa daerah di Indonesia. 

Semoga 2017 menjadi lebih baik, lebih sehat, banyak rejeki dan berkesempatan untuk lebih sering jalan-jalan happy dan bermanfaat lagi. Dan semakin rajin menulis Dan update blognya, sama belajar foto lagi yaa. 

Amin. Selamat Tahun Baru 2017 !

Advertisements

My Trip to Gumuk Parang Kusumo , Jogjakarta

Siapa bilang di Indonesia tak bisa menikmati sensasi jalan-jalan ke gurun pasir?

Hai Manis

Di Indonesia itu komplit, semua juga ada asal mau mencari dan mengeksplorasi. Kayak di Gumuk Pasir Parangkusumo ini, alamat nya ada di :

Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772


Dalam kesempatan#BatuHijauBootcamp , rombongan hore menyempatkan mampir ke daerah ajaib ini. 
Gimana ga ajaib coba, di Jogja ada Gurun Pasir??? Apalagi ini gurun pasir alami yang terbentuk oleh hembusan angin natural. Pasir-pasir ini adalah hasil aktivitas vulkanis Gunung Merapi dan Merbabu yang dibawa angin dan juga kali Opak  dan Kali Progo dan terkumpul di daerah Parang Kusumo ini.

Lokasinya hanya 1,9 KM saja dari Pantai Parang Tritis yang terkenal ituh.

Kita memilih di daerah Gumuk Barchan yang fasilitas nya tampak komplit. Seperti ada warung, tempat Mandi, dll.

Sesampainya di sana, semua langsung berhamburan ke Padang pasir yang berbukit-bukit.

Dengan latar belakang bukit yang Hijau di kejauhan, hamparan pasir begitu menggoda dan misterius.

Maklum kita kan gak pernah ke Padang Pasir, jadi bingung mau ngapain. 

Sementara di Gumuk Parangkusumo ini ada beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan. Mulai dari Sandboarding, yaitu main surfing di pasir. Ada penyewaan alatnya kok. Murah lagi. Instrukturnya juga ada. Nanti kita diajakin ke perbukitan pasir yg lebih terjal.dan bakalan diajakin sampai bisa.

Bagi yang mau menikah, bisa Beraktivitas Photo Pre wedding , pas kita kesana , ada 3 pasangan sedang berpose dengan baju pengantin yang berkibaran manja ditutup angin Gumuk Pasir. Tapi peringatan ! Kegiatan ini hanya boleh dilakukan kalau sudah punya pasangan dan mantap dilakoninya. Kalau belum punya kan kasian. Kasian ajaah.

Kalau group Hore, serunya adalah berfoto aneka pose. Bisa loncat, siluet, macam-macam pose bisa terserah lah. Yang penting gembira dan bahagia!

Aneka Pose
Siluet
Foto prewed mesti berdua jangan sendirian
Foto dari atas Tower

Disana juga ada ayunan yang bisa dipakai buat pose-pose manja , 

ada juga sebuah tower dimana kita bisa naik dan foto-foto. Kalau Berani itu juga.

Towernya tinggi banget, saya cuman jepret segitu

Kita cukup berani untuk menaiki Tower Bambu ini. Kira-kira tingginya 5 meter. Naiknya pelan-pelan karena takut ketinggian. Tangganya bunyi kreyot-kreyot sementara angin bergeming kencang. 

Ada rasa lega pas sampai di atas. Tapi ga bisa bergerak begitu bebas. Bahan Towernya Bambu.
Rencana berselfie aksi pun diurungkan . Berfoto pun ala kadarnya. Tapi ternyata kita sempet di foto sama Wulan. Bagus fotonya 

Akhirnya bisa foto bareng bertiga sama

@heydeerahma  Dan @subhanazharullah   

masih ngeri hahahha. Abis foto2 langsung cabcuus turun lagi.

Foto oleh Wulandari

Lari-lari bebas

Menyenangkan sekali menghabiskan waktu disini. Saran saya kesini kalau gak Pagi, sore deh. Kalau siang panasnya puoll. Kalau sore bisa sambil nunggu sunset biar lucu. Lagian mereka buka dari jam 6pagi-7malam. Jadi bisa lah jam 3an kesono yekaan

Menurut saya orang Indonesia wajib datang ke sini deh. Biar pada paham kalau Indonesia itu kaya banget ! Mau apaan aja ada. Termasuk Gurun Pasir ! Ga perlu ke luar negeri. Di Jogja juga ada kok

Mencicipi Dinner Romantis Rangga dan Cinta di Sate Klathak Pak Bari

Telah lama sudah kupendam sebuah perasaan.

Sebuah Keinginan yang tak kunjung terkabul

Mungkin bukan cita-cita , tapi sebuah tujuan kecil dalam hati, yang menanti terjadi.. 

Makan Sate Klathak…

Baiklah cukup berlebay ria. Tapi memang setiap ke Jogja belum sempat rasanya menikmati sajian khas Sate Klathak.
Sate yang dibakar memakai jari-jari sepeda yang terbuat dari besi. Geli kan kelihatannya. Padahal tidak. Bersih kok. Dan functional !

Saat Kulineran di Jogja saya selalu bersinggungan dengan Gudeg , Oseng Mercon, dan kawan-kawan. Tapi si Klathak ini sering terlewat. Mungkin karena lokasinya yang saya kurang familiar dan jam bukanya yang malam.

Dan Sate Klathak Pak Bari adalah tempat makan malam di adegan romantis Cinta dan Rangga di Film AADC 2. Pas saya nonton filmnya saya jadi makin kepengen. 

Sampai akhirnya kesempatan itu tiba. Bersama rombongan #Batuhijaubootcamp yang HORE Banget, kami pecinta kuliner dan Roman film AADC 2 rame-rame pergi makan malam kesana dalam sejuknya udara Jogja kala itu.

Sate Klathak Pak Bari ada di Pasar Jejeran , Wonokromo ,Jalan Kedaton, Pleret bantul Jogjakarta. bukanya jam 18;30 – 01;00. Jadi kalau datang kepagian bakal ketemu pasar Jejeran. Pasar tradisional favorit Ibu-ibu belanja. Kalau malam jadi tempat dinnernya cinta dan Rangga di AADC ! hahahahaah


Buka malam hari, Pak Bari and crew menyiapkan Sate Klathak dari daging kambing muda pilihan. Mungkin ada pemilihannya Pak Bari’s Next Top  Kambing ( #Yakali) 

Saya sempat nanya habis berapa kilo semalam , tapi saya lupa jawabannya ( Blogger banyak draft gini nih suka lupa), 

kita pesan dengan menulis di kertas yang disediakan, menunya ada sate Klathak, tongseng dan gulai Kambing. penasaran deh dengan rasanya.

Pesann Semuaaa !! ahahaha ( lalu berkacak pinggang di tengah pasar seperti Crayon Sinchan #abaikan) , 

Jadi kalau makan disana, tempat duduknya menyebar di kios-kios pasar, disediakan tikar , jadi bisa lesehan.

 Satu porsi Sate Klathak dibandrol Rp. 20.000 sudah dapat nasi, Sate Klathak dua tusuk dan kuah gulai. Ukuran satenya jumbo, beda ama tukang sate yang lain yang potongan dagingnya mini gak maksi dan sexy.

Setelah beberapa lama menunggu di lesehan , dihibur kucing manis yang lewat, menggelendot manja ingin dibelai , lalu nonton mbak-mbak Jogja manis dan ayu di kios sebelah, dan juga cengkerama dengan teman seperjalanan akhirnya pesanan kita datang juga. 


Sate, nasi, kuah gulai, tongseng dan Gulai Kambing. Waduh jadi lapar mata.


Sate Klathak itu selain potongannya besar, pembakarannya cakep deh, jadi karena memakai jeruji besi, selain mendapat panas bara dari luar, juga dari dalam. Jadi matangnya medium well gitu. Dibumbui polos hanya dengan garam dan merica. Hmm.. apa cukup bumbu nya gitu doang? Mana sambal kecap atau sambal kacang nya ????

 Pas digigit…

oalaah ! Empuk Reeek !!! rasa dagingnya sedap tidak berbau prengus Kambing. Tidak alot. Satenya tidak belemak, jadi daging saja. Potongannya besar-besar dan cantik sekali kelihatanya. Dimakan dengan nasi panas sedap niaan !  aduh kayaknya dua nggak cukup deh. hahaha. untung pesannya lebih. Rasa daging yg dibumbui garam dan merica saja sangat ENAK ! Tidak perlu bumbu kecap atau kacang seperti biasa.

SAYA ULANG SEKALI LAGI. DIBUMBUI GARAM DAN MERICA SAJA ENAK BANGET !

Tongsengnya gurih, bumbunya terasa sekali. Aneka rasa tempat menari di lidah.Potongan daging kambingnya empuk juga. 

Sementara itu Gulainya maknyuzz ! Santannya tidak banyak, encer saja, bumbunya lebih halus dari tongseng, menaikkan rasa daging kambingnya. Potongan dagingnya lebih berlemak. Cocok buat hidangan berkuah-kuah. Tapi gak eneg.

Dan saya memesan Air Jeruk  panas untuk menetralisir daging kambing yang saya konsumsi malam itu. ( Dan sebutir lipitor malamnya, daripada kenapa-napa kan) 

Tips makan Sate Klathak Pak Bari sebaiknya makan ditempat, panas-panas. Kalau dibungkus rasanya agak lain.

Tak terasa makanan yang terhidang ludes semua.Perut kenyang, lidah riang, hati gembira Ria. Ohiya, makan disana gak ada RomantisSate, yaiyalah perginya sama rombongan HORE.



senang rasanya makan disini, Pantes aja si Rangga bela-belain bawa Cinta kesini.Nanti kalau ke Jogja pasti mampir lagi, gimana kalian juga mau nyoba ? ajak saya ya…. Eaaaaa

#BatuHijauBootCamp Berkunjung ke Yayasan Benih Kebajikan Al-Hasyim Jakarta

Setelah menjalani kegiatan seru di Jogjakarta , seperti Berkunjung ke Komunitas Kagem , main pasir di Gumuk Parang Kusumo, dan mengunjungi Museum Ullen Sentalu, Rombongan Hore #BatuHijaubootcamp melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Memulai perjalanan ke Jakarta dengan Doa dan Selfie pic by griskagunara.com

Setelah menempuh perjalanan 512 KM dari Jogja ke Jakarta memakai Kereta Api, Akhirnya Bootcampers sampai di kota terakhir program Dari Timur Ke Barat , #BatuHijauBootcamp.

Tiba di Jakarta subuh, rombongan lalu disambut hangat oleh Pak Rubi dan Ibu Jenni dari PT Newmont Nusa Tenggara. Setelah sarapan lezat di Warung Nasi Sunda Ampera Dua Tak  , kami pun bergegas ke tujuan selanjutnya.

Berpose ala pengelana di Gambir. Pic By Rangga Askarani

dimana kegiatan berikutnya diadakan di Yayasan Kebajikan Al Hasyim, merupakan sebuah Panti Asuhan yang dikelola oleh Ibu Tuti dan rekan-rekan.

Disana beberapa Bootcampers dari Jakarta seperti Swarie dan Nafila , juga Bunda Intan dari Bandung,  bergabung untuk membantu mengajari adik-adik soal Komputer. 

Komputer? Ya , sebuah barang yang biasa bagi kita. Tapi luar biasa bagi mereka. Setelah berkenalan dengan beberapa anak panti disana. Suasana masih agak kaku karena sebagian dari mereka masih malu-malu. Lalu acara pun dimulai dengan Ice Breaking.

Setelah Ice Breaking yang dipimpin oleh Aan dan Subhan , suasananya makin mencair , lalu  kami pun dibagi dalam 5 kelompok yang masing-masing mendapatkan sebuah laptop sebagai alat belajar. 

Saya sekelompok dengan Mbak Donna Imelda, seorang Dosen Teknik Kimia yang juga seorang travel blogger terkenal. Sudah biasa beliau mengajar dan menjawab pertanyaan mahasiswa yang sulit. Tapi hari itu menjadi istimewa karena muridnya kecil mungil, tak bisa diam tapi penuh Semangat!!

Beberapa anak baru pertama kali memegang komputer. Saking semangat nya, Amar dan Raichan  sempat berebut laptop yang dipakai. Untung Mbak Donna yang bijaksana bisa melerai sebelum suasana memanas. Anak-anak diajak belajar lagi, dan mereka langsung lupa akan pertengkaran tadi.

Kami mengajarkan pengenalan komputer, mulai dari bagian-bagian dan juga fungsinya.

Lalu kami mengajari cara mereka menulis nama mereka sendiri. Beberapa dari mereka baru kelas 1 SD, dan masih belum lancar mengeja namanya sendiri. Supaya seru, kami ajarkan juga menggambar memakai program MS Paint, jadi nama mereka bisa diberi warna aneka  macam.

Anak-anak makin antusias mengikuti pelajaran komputer ini. masing-masing bergiliran menggunakan laptop untuk berkreasi. 

Wajah Raichan berpendar gembira saat mengetik namanya sendiri di layar . Agak berbeda dengan Ucup yang malu-malu saat mendapat giliran menulis namanya di komputer. Melihat wajah-wajah mereka yang penasaran lalu memekik senang saat sadar begitu pintarnya teknologi komputer, membuat saya terharu. Buat kita, komputer adalah bagian hidup yang sangat biasa. Tapi bagi mereka komputer adalah barang baru yang super menarik dan menantang kecerdasan mereka.

Seusai pelajaran  , tiap kelompok diminta mempresentasikan di depan temannya apa yang dipelajari dan menjelaskan apa yang dibuat tadi.

Ada yang semangat dan ceria menjelaskan pengalamannya. Adapula yang masih malu-malu menjelaskannya. Tapi apapun caranya, saya yakin kita telah memercik sebuah Semangat dalam benak anak-anak ini. Semoga terus terpelihara dan dipergunakan sebaik-baiknya untuk kebaikan mereka sendiri.

Setelah pelajaran selesai , PT  Newmont Nusa Tenggara diwakili Pak Arie Burhanuddin dan Ibu Jenni Renita Purba memberikan bantuan satu unit komputer untuk Yayasan Al Hasyim.

Anak-anak terlihat gembira mendapatkan bantuan tersebut. Semoga komputernya berguna ya Dik . Tambah Pinter ! 

Saya sangat berharap pengalaman hari ini bisa bermanfaat buat mereka belajar kelak.

 Pelajaran yang mungkin sederhana bagi orang lain bisa jadi sangat berarti dan membuka wawasan bagi anak-anak ini.

Terima Kasih #batuhijaubootcamp saya dan kawan-kawan Bootcampers bisa berpartisipasi dalam program ini, semoga berkesinambungan dan dapat memberikan manfaat bagi banyak orang

#BatuhijauBootcamp Berbagi Ceria di Komunitas Anak Kaki Gunung Merapi

Kegiatan #batuhijaubootcamp berlanjut di Kagem. Lokasinya ada di daerah Gondangan , Kaliurang Jogjakarta, disana adik-adik sudah menunggu kami sambil belajar. Beberapa sedang mengerjakan PR dan tugas sekolah didampingi Kakak mahasiswa volunteer.
Kedatangan kami disambut Ibu Susi , para Pengurus Komunitas Kagem dan juga para volunteer disana. 

Di Komunitas  Belajar Anak Kaki Gunung Merapi ( Kagem)  ada 50 orang anak yang terdaftar , dan ada 20 orang kakak mahasiswa dari berbagai kampus di Jogjakarta yang menjadi volunteer nya.  

Komunitas Kagem, menyediakan tempat dan bimbingan bagi anak-anak kurang mampu dalam radius 5 KM dari tempat mereka.

 Sebuah tempat di ujung sebuah perumahan mungil. Ada beberapa pendopo tempat mereka belajar dan bermain. Anak-anak ini didampingi belajar diluar sekolah. 

Disana juga tersedia perpustakaan bagi anak-anak. Koleksi bukunya lumayan banyak. Tapi akan lebih lumayan kalau ditambah lagi.
Di Komunitas Kagem ini anak-anak datang dari kalangan kurang mampu dan juga anak-anak disekitar lokasi mendapatkan bimbingan dan juga tutor dari para mahasiswa volunteer. Rata-rata datang dari keluarga butuh maupun supir.

Disana #batuhijaubootcamp memberikan hiburan penyemangat yang dipimpin oleh  Mas Aan dari Sumbawa sehingga suasana menjadi meriah. anak-anak berkumpul di lapangan , Bootcampers Aan memulai Ice Breaking. Supaya situasi cair dan tambah menyenangkan. Aneka permainan dan nyanyian dilakukan sehingga anak-anak menjadi lebih akrab dengan kami. 

Setelah situasi mencair , dibagilah kami dalam beberapa kelompok. Saya dan Bootcampers Dee bertugas di kelompok dua. Di kelompok ini kami membuat lingkaran dan berdialog dengan adik-adik soal mimpi dan cita-cita. Walaupun datang dari kalangan kurang mampu, tapi cita-cita mereka tinggi dan mulia. Seperti Rahma yang ingin menjadi Dokter Hewan , Ega ingin menjadi Tentara , Najwa ingin menjadi guru.

Siapa yg mau jadi Guruu ?

 Lalu Davin ingin jadi pesawat. Lho Kok ? harap maklum Davin ini baru berumur 4 tahun, jadi kami membiarkan dia menjadi pesawat seperti keinginannya.

Karena selalu aktif, sulit juga memotret Davin

 Saya dan Dee juga bercerita soal cita-cita dan pengalaman kami dalam hidup, semoga bisa menginspirasi jalan hidup mereka.
Setelah ngobrol tiap kelompok dipersilakan untuk menampilkan yel-yel masing-masing, setelah itu mengikuti games kekompakan dimana tiap anak memegangi seutas tali plastik yang sudah disusun sedemikian rupa supaya bisa dipegang bersama-sama , dengan gelas plastik ditengahnya yang berisi air. Lalu bersama-sama air itu harus dipindahkan kedalam ember. 

Alhamdulillah walau masih kecil-kecil , kelompok 2 berhasil dan sukses dengan kompak melakukan tugasnya.
Lalu diadakan games kekompakan lagi yang membuat anak-anak, kami bootcampers dan kakak volunteer bergembira bersama.

Setelah acara selesai, semua anak mendapat hadiah yang diserahkan secara simbolis oleh blogger famous Cumilebay

Setelah itu diberikan bantuan dari PT Newmont Nusa Tenggara diwakili Pak Arie Burhanuddin kepada Ibu Susi sebagai pengurus Komunitas Kagem

Ada satu momen menakjubkan, saat Bram Aditya memakai drone nya untuk mendokumentasikan momen ini. Anak-anak begitu takjub melihat drone. Semua senang dan bergembira melihat nya. Terutama Davin si pecinta pesawat terbang. 

Acarapun selesai, karena sudah sore anak-anak harus pulang ke rumah masing-masing, berulaskan senyum di wajah mereka.

semoga pertemuan singkat kali ini bisa memercik semangat mereka supaya tetap belajar dengan rajin dan mengejar cita-cita, sehingga kelak akan jadi orang yang berguna.

Bakpia Nge Hits Oleh-Oleh Jogjakarta

Kemaren waktu #BatuHijauBootCamp di Jogja sempet bingung mau beli oleh-oleh apa. Sebenarnya saya agak bosen dengan bakpia yang rasanya begitu-begitu saja. Sering juga beli bakpia lalu tidak habis dimakan, karena di rumah juga mungkin sudah bosan.

Lalu ketika ada rame-rame di antara bootcampers, pada pesan tiramisu , kopi, keju, greentea, saya lalu penasaran mereka pesan apa, ternyata, mereka pesan Bakpia Kurnia Sari. 

Katanya Bakpia Kurnia Sari ini lagi hits sebagai oleh-oleh dari Jogja. Antrian pembelinya panjang, bahkan gosip tetangga, katanya sering sold out padahal outlet nya tidak hanya satu.

Yo wis , ikutan aja, ga ada salahnya. Akhirnya pesan yang keju dan greentea. 35 K untuk yang isi 15 buah dan 45 K untuk yang isi 20 Buah 

Ada banyak Varian rasa Bakpia Kurnia Sari, mulai dari original, keju, tiramisu , kacang Hijau, kumbu hitam, coklat, susu dan kopi.

Setelah dirasa memang beda dibandingkan dengan bakpia yang biasa dibeli. Kurnia Sari lebih moist isian didalamnya. Rasa isiannya pun mantap. Seperti rasa green tea yang saya coba ini. Rasa green tea nya menonjol aseli dan pas dibalur pianya. Dibuat fresh setiap hari. Masalahnya adalah dia tak tahan lama. Karena tidak memakai pengawet.

Bahan dasar dari Bakpia Kurnia Sari adalah kacang Hijau, kacang Tolo, terigu, minyak, gula dan susu

Kalau kata Pak Ang Tek Khun , teman saya, Bakpia di Jogja ada kategori mainstream. Kemudian ada yg bikin lebih “garing” dengan variasi isi lebih banyak.

kurniasari kategori “basah” dan ngehits. 

ada lagi yg dikembangkan habis dgn varian isi “tanpa batas” jd kayak pia modern.

Ternyata ada solusi supaya kita gak repot pas beli bakpia Kurnia Sari, bisa nitip teman, kayak sayah, atau dipesan secara online pemirsah, copy paste dari website nya bakpiakurniasari.com : 

Untuk melakukan pesan order delivery bakpia kurnia sari online silahkan add salah satu kontaknya

SMS / WhatsApp : +628122856749 | BBM : 5d04e867 | Line : bakpiakurniasari
Ayolah tiap kota semangat bikin oleh2 yg lebih innovative, menggerakan ekonomi kreatif dan memuaskan tamu kotanya
#oleholeh #jogjakarta #bakpia #greentea #sedap #bukanEndorsan

#BatuHijauBootcamp di Jogjakarta 

Rombongan bootcampers Barat berangkat dengan pesawat di pagi hari menuju Jogjakarta. 

Keberangkatan kali ini kita didampingi Ibu Jenni dari PT Newmont Nusa Tenggara dan Blogger Famous , Cumilebay !

Selepas mendarat, para bootcampers langsung sarapan di SGPC Bu Wiryo dekat UGM. Menikmati sajian khas berupa nasi pecel dan sop Daging , memberikan ekstra energi untuk kegiatan hari ini

Pertama , kita mengunjungi Sogan batik di Redjodani, Jogjakarta. Ia merupakan sebuah industri kecil yang menjual Batik secara online. Berawal dari sebuah restoran, Sogan Batik lalu fokus pada busana Muslimah bermotif Batik. 

Yang menarik adalah kita diajak cara membatik, mulai dari mengaplikasikan malam dengan canting. Namun sayang sekali tukang celupnya Absen hari itu, jadi dicelupnya belakangan. Kita juga dipersilahkan melihat pembuatan Batik dari awal sampai akhir.

Ada beberapa hal menarik disana seperti Batik Berdzikir, yaitu Batik yang dibuat sambil berdzikir. Setelah itu setiap membatik para pekerjanya akan dilakukan sambil Berdzikir

Lalu mereka secara khusus memberi pekerjaan pada penyandang Disabilitas. Sepertiga dari seluruh karyawanya tepatnya. kagum dengan kepercayaan pada kaum disabilitas yang kadang di pandang sebelah mata.

#SoganBatik produsen busana Muslimah bermotif Batik , cek koleksinya di SoganBatik.com 

Selesai belajar soal Batik, kita bergabung dengan Team dari Timur yang baru saja sampai dari Surabaya. 

Team Barat dan Timur akhirnya bergabung. Pertemuan menggembirakan ini diarahkan dengan berfoto-foto.
Sambil makan siang di Moro Lejer, yang terkenal dengan menu ikan.

Kemudian kami berkunjung ke Komunitas Anak Kaki Gunung Merapi, cerita tenang itu bisa dibaca disini

Anak-anak diajak bermain dan berlomba dengan hadiah yang menarik.
Semoga anak-anak KAGEM bisa terhibur dan bisa lebih semangat menjalankan hidup.

Setelah acara selesai, rombongan #batuhijaubootcamp segera berangkat ke hotel untuk beristirahat.

Hari yang Menyenangkan ini ditutup dengan makan Sate Klathak Pak Bari yang terkenal itu.

#BatuHijauBootCamp dari Timur Ke Barat

​Sebuah perjalanan yang tak biasa segera dimulai.

#BatuHijauBootCamp Dari Timur Ke Barat. 

Kegiatan ini akan mengajak bootcampers melakukan kegiatan sosial di beberapa kota melalui perjalanan menggunakan kereta api, bergerak dari sebelah timur (Sumbawa Barat) menuju sebelah barat (Jakarta). 
Diprakarsai PT Newmont Nusa Tenggara, di setiap titik singgah, para bootcampers akan bergabung dengan bootcampers di daerah asal dan melaksanakan kegiatan sosial bersama di daerah tersebut.

Adapun titik singgahnya adalah :

Sumbawa Barat, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Saat tiba di Jakarta, selain melaksanakan kegiatan sosial, akan diadakan juga kegiatan futsal dengan tim dari NNT 

Batu Hijau Bootcamp: Dari Timur ke Barat dimulai dengan pelatihan “Get Your Amazing Success” di SMPN 1 Maluk, Sumbawa Barat

Sukses adalah suatu kemampuan untuk mengenal potensi diri dan mampu mengembangkan serta mengoptimalkan potensi yang ada, sehingga dapat bermanfaat untuk kepentingan orang banyak, masyarakat, dan dunia. 

Pada dasarnya setiap manusia ingin meraih sukses, namun tidak banyak yang tahu bagaimana caranya.

Sesi pelatihan Get Your Amazing Success ditujukan kepada siswa-siswi SMPN 1 Maluk yang ingin meningkatkan potensi diri dan meraih sukses luar biasa.

Metode pelatihan mencakup ceramah, simulasi, permainan (games), dan dialog interaktif 


Perjalanan berlanjut ke Surabaya dimana bootcampers akan berbagi pengalaman di Yayasan Tunas Hijau , Kampung Nelayan, Pantai Kenjeran, Surabaya

Yayasan Tunas Hijau merupakan sebuah organisasi lingkungan hidup nirlaba dengan moto “Kids and young people do actions for a better earth” yang bermarkas di Surabaya. LSM ini telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain Surabaya Academy Award 2004 dalam bidang lingkungan hidup, penghargaan dari Wali Kota Surabaya pada 2003, serta Miranda Environmental Award dari Millennium Kids Australia, yang diserahkan di Perth, Australia.

Target khalayak yang disasar pada kegiatan kali ini adalah anak-anak nelayan. Bootcampers diharapkan untuk berbagi cerita dan mengedukasi mereka secara menyenangkan tentang pentingnya keseharian hidup yang berwawasan lingkungan, misalnya melalui permainan. Adapun di akhir kegiatan, akan disumbangkan sejumlah keranjang pengomposan takakura dan sebuah mini container sampah.

Selepas Surabaya, bootcampers akan berangkat ke Yogyakarta memakai Kereta Api untuk berbagi bersama Yayasan Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi (YRBK Kagem), Jalan Kaliurang,  Yogyakarta

YRBK Kagem merupakan sebuah lembaga nirlaba yang didirikan pada 19 Oktober 2011. Lahirnya lembaga ini didorong oleh keprihatinan terhadap berbagai permasalahan yang ada di lingkungan sekitar Kagem, terutama di Desa Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. 

Dengan semangat berbagi kepada sesama, Kagem bersama dengan 40 relawan yang merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta bergerak dalam tiga bidang yaitu pendidikan, media, dan kesejahteraan.

Target khalayak yang akan dituju dari kegiatan ini adalah anak-anak sekitar daerah tersebut. Menurut informasi yang dihimpun, kebanyakan orangtua dari mereka berprofesi sebagai buruh. Bootcampers diharapkan untuk berbagi inspirasi mengenai cita-cita dan profesi dengan metode yang menyenangkan sesuai keahlian Bootcampers. Adapun di akhir kegiatan, akan disumbangkan buku-buku bacaan, papan tulis, meja belajar, dan alat pendukung pengajaran lainnya.

Lalu perjalanan mengarah ke Jakarta, tepatnya ke Yayasan AirPutih Jagakarsa, Jakarta Selatan

AirPutih merupakan lembaga yang mendorong masyarakat agar melek teknologi informasi (TI) dan menjadikannya alat untuk mewujudkan sebuah masyarakat yang kuat di Indonesia. Langkah AirPutih untuk mewujudkan hal itu, antara lain dengan meningkatkan kemampuan dan pemahaman masyarakat terhadap TI. 
Tak hanya itu, open source sebagai kunci pembukaan akses TI yang murah dan mudah juga menjadi lahan yang terus digarap oleh AirPutih.

Target khalayak yang ingin disasar dari kegiatan ini adalah anak-anak Yayasan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim sejumlah 10 orang. Bootcampers diharapkan dapat memfasilitasi kegiatan pelatihan dan sosialisasi pemanfaatan internet sehat yaitu untuk memberikan pemahaman bagi anak-anak panti asuhan tentang keuntungan dari pengunaan internet secara sehat. Adapun di akhir kegiatan, akan disumbangkan sebuah komputer.

   

Inti dari seluruh kegiatan sosial yang akan kita lakukan adalah berbagi inspirasi dan pengalaman dengan adik-adik di berbagai daerah. Menyebarkan manfaat dan pengalaman para bootcampers yang memiliki latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang beragam.

Semoga perjalanan ini lancar dan menyenangkan, dan memberikan manfaat maksimal bagi semua yang terlibat