Bernostalgia di Kereta Senja di Tanah Sunda

Sudah lama rasanya saya tidak naik kereta dari Stasiun Bandung.Kehadiran Jalan Tol Cipularang menguasai jalur perjalanan dari dan ke Kota Bandung.

Perjalanan Jakarta Bandung bisa ditempuh dalam waktu 2-3 jam saja. 

Sehingga Moda kereta api yang biasa saya pakai menjadi semacam terlupakan. Padahal dulu zaman kuliah jadi transpotasi utama kalau ke Jakarta. Turunnya di Stasiun Jatinegara.

Jadi kesempatan berkereta api sore itu dari Bandung ke Jakarta jadi semacam reunian. Reunian sama gerbong ?

Hahahaha

Tapi memang perjalanan Kereta Api Jakarta – Bandung banyak kenangannya. Zaman dulu ingetnya banget buru-buru ke Stasiun Bandung takut ketinggalan Kereta Api. Deg-degan dapat Tiket tidak nya? Karena penggemar Kereta Api sangat banyak. 

Dulu naik Kereta Bisnis Parahayangan pake kipas angin, lalu muncul Kereta Api Argo Parahyangan yang ber AC.
Kalau tempat duduk habis , Harus siap-siap duduk di lantai Kereta Api selama perjalanan. Dulu masih bisa naik walau tidak dapat tempat duduk. Sekarang tidak. Semua dapat tempat duduk.

Kalau ga mau kotor Harus siap-siap menyenangkan semacam bantal tipis untuk alas duduk. Dan siap-siap berburu tempat enak buat duduk. 

Entah itu di pojokan atau di Gerbong Restorka, tempat mereka menyiapkan hidangan khas berupa nasi goreng atau Nasi Bistik Sapi. Yang kalau boleh jujur rasanya biasa aja, tapi waktu itu enak banget. Hahha

Sekarang Restorka muncul dengan kemasan Baru. Makanan tidak disajikan di piring tapi di tempat plastik yang higienis. Menunya dari Ayam Penyet, Nasi Goreng, Nasi Rames, Bakso, dan Nasi Bistik hilang. Huhuhu.

Lalu ada masanya ketika Hoka-Hoka Bento hadir di Stasiun dan mewarnai perjalanan dengan lebih nikmati . Biasanya Bento bisa dibungkus buat dimakan di atas kereta.

Sebenarnya ada rasa kurang enak kalau bekal Hokben ke dalam gerbong. Soalnya kalau bungkusnya dibuka, aroma masakan Jepang langsung menyeruak kemana-mana. Mengontaminasi udara dengan bebauan sedap chicken eggroll, Chicken Teriyaki dll. Mau berbagi, cuman dikit juga kan. Paling nawarin doang. Pas kita makan sih enak.

Nah kalau kejadiannya Kita di posisi mencium aroma enak dan gak berbekal Hokben ?

Nelan ludah deh. Hahahaha. Sering soalnya.

Stasiun Kota Bandung sekarang lebih rapi. Lebih banyak Toko. Pengaturannya juga lebih baik. Ada antrian untuk beli Tiket, antrian print boarding pass.

Perjalanan dengan Kereta Api paling bagus kalau Pagi atau siang. Kalau malam pemandangannya kurang keliatan. Sebuah hiburan sendiri melihat keindahan Alam Tanah Pasundan di sepanjang jalan.

Yang seru kalau lewat terowongan panjang…. Berasa banget

Kalau malam , Gelap…


Oh iya sekarang Ticket Kereta Api bisa dibeli dimana aja. Bisa di Indomaret, Aplikasi KAI , Situs KAI, dan di Stasiun untuk jurusan mana saja. 

Tapi sekarang naik kereta tidak cukup pakai Tiket saja. Harus ada boarding pass nya Pemirsah..Udah kayak pesawat. 

Ada Kode booking di tiap pesanan. Yang bisa Kita masukan ke alat pencetak boarding pass di stasiun. Atau kalau punya Tiket tinggal scan aja barcode nya. Lebih mudah. Semuanya bisa Kita lakukan sendiri.

Naik Kereta sekarang nama penumpang harus sesuai dengan nama di KTP. Kalau gak sama , Bhaaaaayyyyy !!!

Zaman dulu nama ga ngaruh, yang penting pegang Tiket. Dulu sempet jual Tiket karena ga jadi berangkat. Zaman sekarang mah mana bisa.

Saya Harus akui Dunia perkeretaapian Kita sekarang lebih baik dibandingkan dulu.


Gimana? Mau nostalgiaan naik Kereta ?

Advertisements

Selamat Tahun Baru 2017

Happy New Year 2017 , Foto ini editan belaka. Tidak benar Beyonce, Kendall Jenner, Katy Perry ikut foto2 sama saya
Dengan Penuh Kelebayan , Saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2017 !

Kalau bisa heboh , kenapa tidak ? hahaha

Saya berdoa Semoga 2017 menjadi tahun dimana kita menjadi orang-orang yang lebih baik lagi, Kita semua maju dalam sebuah perjalanan evolusi untuk menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya.

Seiring dengan bertambahnya umur dan pengalaman, sudah semestinya kita bisa.

Saya mendoakan agar kita semua tercapai semua cita2 baiknya, Sehat Sejahtera, Makin Banyak Rejeki, Terbuka semua jalan menuju kebaikan dan Berbahagia lah !

Dan semoga blog saya ini makin aktif dan bisa berkontribusi banyak bagi para pembacanya. traffic Naik ( hahhaa , amin) Dan bisa lebih menghasilkan dan bermanfaat !
Let’s Rock 2017 Guys !!

It’s gonna be an awesome year

#AipTrip2016

Sepanjang 2016, saya bersyukur bisa melakukan beberapa kali #AipTrip, lebih sering dari tahun 2015 !!

Tahun 2016 ini saya mendapatkan banyak kesempatan menarik untuk bepergian yang tentu saja diberi hastag #aiptrip ke berbagai daerah di Indonesia. 

Satu hal yang saya pelajari dan perbaikan di 2016 adalah menuliskan semua perjalanan saya dalam blog supaya terdokumentasikan dengan baik. Jangan lupa pasang foto yang bagus dan menarik supaya lebih enak dibaca. Sebelumnya malas sekali update Blog. Tapi ternyata selain bisa jadi journal pribadi, blogging bisa membawa saya ke beberapa tempat dan kesempatan yang tak terbayangkan sebelumnya. Masih banyak yang perlu diperbaiki, Tapi grafiknya naik lah.

Keep up your blog people !

Dimulai dari Awal Tahun, #AipTrip Berbuka dengan kepergian saya ke Kota Garut, tempat saya bertumbuh kembang dahulu, saat masih kanak-kanak. Setelah beberapa hari sebelumnya ngos-ngosan mendaki Gunung Galunggung , trip kali ini ke Garut terasa begitu berarti, karena bisa mengunjungi sekolah saya dulu. Sayang masih pada libur , jadi tidak bisa berjumpa dengan para Guru zaman saya sekolah dulu. 

TK saya dulu

Saya juga berkesempatan belanja di outlet Chocodot yang menjual aneka Rupa Coklat unggulan produksi asli Kota Garut. Bentuk usaha kreatif daerah yang keren sekali.

Di bulan January juga saya mengikuti lomba Menulis Blog yang diselenggarakan oleh PT Newmont Nusa Tenggara bekerjasama dengan Metro TV. Alhamdulillah saya terpilih menjadi 20 orang terbaik yang karya tulisnya dinilai bagus dan akan berangkat untuk belajar dan hidup di Tambang site PT NNT di Batu Hijau, Sumbawa Barat. Peristiwa | Inilah 20 Pemenang Peserta Newmont Bootcamp 2016

February

Menghabiskan 9 hari di Sumbawa Barat merupakan pengalaman yang mengayakan pengalaman saya. Selain belajar soal proses produksi konsentrat Tembaga yang lebih ramah pada lingkungan. Bagaimana usaha mereka supaya lingkungan terjaga patut diacungi jempol. Pengelolaan air terdampak tambang yang diolah sedemikian rupa supaya tidak berdampak pada air Alam, Dan bisa dipakai lagi dengan sistem pengairan yang masif , lalu program pengembalian fungsi lahan bekas tambang menjadi Hutan kembali yang terus berlanjut, dan beberapa sudah sukses menjadi hutan lagi. Dan tentunya evaluasi kondisi lingkungan dengan cara-cara ilmiah, supaya tetap terkontrol sehingga mendapatkan sertifikasi nilai tinggi dari pemerintah. 

Selain itu kita juga bisa mengalami kehidupan ala pekerjaan tambang yang tidak seseram yang saya kira. Bisa berjumpa dengan masyarakat sekitar tambang, berinteraksi untuk mengetik kondisi mereka dan dampak tinggal di wilayah lingkih tambang dan juga melihat keindahan alam Sumbawa Barat yang tetap lestari walau ada kegiatan penambangan. Benar-benar perjalanan yang merubah persepsi saya terhadap tambang, dan membuat standard saya terhadap tambang lebih tinggi. 

Mine Site Batu Hijau
Pose di Haul Truck

Silakan baca beberapa tulisan saya selama mengikuti program #newmontbootcamp

Batu Hijau , Permata Sumber Kehidupan

perkara makan di tambang

Pembuktian si Orang Curiga

Pengalaman Hampir Menjungkalkan Truk Raksasa

Desa Kertasari

Keindahan Pantai Sumbawa Barat

Pada Bulan Maret

 #Aiptrip ke Ujung Genteng. Perjalanan cukup lama dengan membawa Mobil sendiri. Perjalanannya 8 jam dari Jakarta !!!

Tapi sepadan dengan pemandangan alam Ujung Genteng, bisa melepas tukik , mencoba aneka seafood enak dan juga perjalanan penuh nuansa hijau hutan dan pepohonan favorit saya.

Silakan dibaca #aiptrip ke Ujung Genteng

Di bulan Maret juga sempet mampir mengunjungi Rumah Anyo, tempat singgah anak-anak pengidap kanker. Dimana mereka masih bisa Ceria Dan menjadi anak-anak walau sakit berat. Mereka sangat inspiratif dan jarang mengeluh. Tetap kuat walau tidak sehat. Baca kisahnya yang mengharukan di postingan

ketemu anak-anak Anyo

Bulan April 

Ternyata setelah membaca tulisan dan memperhatikan aktivitas social media selama #newmontbootcamp , saya dan beberapa alumni #newmontbootcamp terpilih kembali untuk melihat langsung tambang yang sudah ditutup dan dalam proses menjadi Kebun Raya. Sebuah perjalanan yang agak kontroversial, karena kami pergi ke Teluk Buyat, di Minahasa Tenggara yang tempat bikin geger beberapa tahun yang lalu. 

Perlu Jip khusus untuk bisa datang ke bekas tambang, karena sudah berubah jadi hutan
Kapan lagi naik mobil berdiri. Ini masih di jalan penduduk , menuju bekas lahan tambang

Lewat Menado, kami pergi ke campsite PT Newmont Minahasa Raya di Pantai Lakban. Lalu pergi melihat bekas lahan penambangan PT Newmont Minahasa Raya.  

Disana kami takjub melihat hutan lebat yang berdiri di atas bekas lahan tambang. Aneka pepohonan tumbuh subur , rapat bagai hutan belantara. 

Sempet bingung penasaran tambang ya sebelah mana. Gak keliatan karena sudah jadi hutan.  Pemandangannya sangat indah. Tahun 2017 ini rencananya akan diserahterimakan pada pemerintah setempat dan menjadi Kebun Raya.

Bekas tambang Emas dilihat dari Look Point
Bukit Harapan yang ada diantara Teluk Buyat dan Ratatotok

Kita juga diajak melihat situasi laut dan juga bertemu dengan penduduk setempat untuk melihat efek Pencemaran yang “katanya” terjadi disana. 

Tidak terlihat tuh efek Pencemaran Berat di Laut. Semuanya normal, sehat dan indah. Sempet juga mencicipi Ikan tangkapan di Teluk Buyat. Aku baik-baik saja setelah mengkonsumsinya.

Para nelayan bisa memanen ikan lebih banyak dari masa lalu, karena ada projek budidaya Karang untuk meningkatkan kualitas biota laut. Kita juga sempet mampir ke danau Linow dan melihat kota Menado.

Baca tulisannya di

Berani Makan Ikan di Buyat ?

mau apa ke Teluk Buyat?

Bubur Tinutuan 

Baca #Aiptrip ke danau Linow yg Huwow

Bulan Mei

Di bulan kelahiran saya #Aiptrip berangkat ke daerah Banjar untuk menyusuri Jalur Lintas Selatan   lewat Pangandaran dan pantai-pantai indahnya sampai Cipatujah. Makan sea food dan pergi ke Tasikmalaya

Silakan dibaca road trip ke Pangandaran dan Pantai Jalur Selatan

Di bulan ini sempet juga jalan-jalan ke tempat selfie hits di Bandung #Aiptrip ke The Lodge Maribaya

#Aiptrip goes to Singapore, untuk lebih mengenal daerah Little india dan sekitarnya.     

Bulan Juni

#Aiptrip Goes to BSD buat Wisata Kuliner ! Siapa sangka disana banyak tempat makan enak dan variasi yang menggiurkan ! 

Baca #Aiptrip my Trip to BSD

Juli

#AipTrip goes to Monas ! Sebuah perjalanan pencarian Pokemon yang berubah menjadi perjalanan mengapresiasi Monument kebanggaan Indonesia. Mengekspresikan kembali fasilitas Monas yang makin rapi dan cantik

Baca #aiptrip ke monas 

Agustus

#Aiptrip ikut dalam #BatuHijauBootCamp , sebuah program berkonsep charity yang diprakarsai PT Newmont Nusa Tenggara yang dalam proses menjadi PT Amman Mineral Nusa Tenggara. 

Perjalanan dimulai dari Sumbawa, lalu ke Surabaya melakukan kegiatan charity dan advokasi buat anak-anak kurang mampu. Kita dibagi menjadi Dua Group  Barat dan Timur. Group Timur mulai dari Sumbawa , sementara Group Barat baru bergabung di Jogjakarta , dimana kita datang ke Komunitas Kagem, untuk berjumpa dan bermain dengan anak-anak yg belajar disana. Program ini juga diselipi dengan jalan-jalan ke Gumuk Pasir Parangkusumo, Museum Ullen Sentalu. Wisata Kuliner Jogja yang mempesona lidah saya. 

Lalu kita naik kereta Api beramai-ramai ke Jakarta untuk datang ke Yayasan Benih Kebajikan AL Hasyim di Jagakarsa, dimana bootcampers mengajari anak-anak belajar komputer dan menyerahkan bantuan sebuah komputer baru untuk dipakai belajar.

Diakhiri dengan acara ramah tamah di Hotel all seasons Jakarta setelah mengikuti pertandingan futsal yang bikin saya ngos-ngosan tapi rame

Program #BatuHijauBootcamp #AMMANMineral memperoleh #GoldenWordlAwards 2016 untuk kategori ” Manajemen Reputasi dan Brand Online”  dalam #IPRA (International Public Relations Association) Awards 2016.

#AmmanMineral menjadi perusahaan tambang pertama asal Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini. 
Penghargaan ini diberikan dalam acara Gala Dinner di Doha, Qatar pada Sabtu 5 November 2016 dan diterima langsung oleh Pak Syaraffuddin Jarot dan Pak Arie Burhan dari PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara

Baca tulisannya di

#BatuHijauBootcamp di yayasan Kagem

#BatuHijauBootcamp di Jakarta

 main di Gurun Pasir

ketemu anak Komunitas Kagem

Mengajar Komputer di Al Hasyim

mencicipi pengalaman Cinta , Rangga dan Pak Bari

September

#Aiptrip goes to Gunung Sawal untuk melakukan pencarian 7 Curug legendaris di wilayah Kerajaan Panjalu. Sempet mampir ke Situ Panjalu dan seru banget naik turun bukit mencari Curug Tujuh. Suasana yang Hijau alami dan menyegarkan membuat pencarian lebih menyenangkan.

 Pengalaman pencarian 7 Curug Legendaris , silakan diklik saja 

Sebelumnya sempat mampir ke Situ Panjalu

#Aiptrip juga jalan-jalan ke wilayah di Kota Tua, stalking #semasadikotatua sebuah program pembukaan kembali Gedung di Kota Tua. Sungguh menarik melihat bangunan bersejarah yang dibilang kembali untuk umum , ceritanya bisa dibaca di Semasa Di Kota Tua

Oktober

AipTrip goes Jawa Timur an, salah satu daerah yang belum di eksplor adalah Banyuwangi, jadi pergilah saya kesana. 

Akhirnya bisa main ke Africa Van Java di Baluran, Main ke Pantai Bama, mampir Ke pantai Watudodol, 
Lalu berenang bersama Ikan Hiu di Bangsring Underwater Main bareng ikan hiu

main ke Kampung Adat Osing di Kemiren, lalu basah-basahan di Air Terjun Jagir

Karena Pulau Bali keliatan melulu, secara impromptu berangkatlah menyeberang Selat Bali. 

 menginap semalam, kita main ke Pandawa Beach, liat Sunrise di Sahur, lalu pergi ke Bedugul, dan mampir ke Pura Ulun Danu yang mempesona diatas danau Beratan. 

Sempet juga mampir ke danau buat sekedar selfie semata. 

Soal Danau Beratan Dan Pura yang indah silakan dibaca di   AipTrip goes to Pura Ulun Danu Beratan

Tak lupa mencicipi masakan khas Gilimanuk, Ayam Betutu Ibu Lina yang terkenal.

Baca tulisannya di

Pesona Budaya Osing

Ayam Betutu Ibu Lina Gilimanuk

bermain di Baluran

Pesona Rawon Bi Atik

November
#Aiptrip goes to Singapore, untuk lebih mengenal Singapore Botanic Gardens yang mengesankan

Sempet juga mencicipi Makanan menu sederhana rasa istimewa, RM Kenanga Garut baca di 

harta karun kuliner Garut

December

Karena kondisi kesehatan , saya ga bisa #Aiptrip, namun kesempatan itu tiba saat saya sedang terapi Alternative di Tasikmalaya , saya bisa jalan-jalan ke Situ Gede, sebuah danau Indah yang letaknya di pinggir kota , 

silakan dibaca di

Jalan-jalan ke Situ Gede

Pengalaman yang menyenangkan setelah berminggu-minggu dalam ruangan terus, bisa melihat keindahan alam sangatlah menyegarkan 

Terima Kasih 2016 untuk kesempatan , kesenangan dan juga berbagai pengalaman, terutama travelling ke beberapa daerah di Indonesia. 

Semoga 2017 menjadi lebih baik, lebih sehat, banyak rejeki dan berkesempatan untuk lebih sering jalan-jalan happy dan bermanfaat lagi. Dan semakin rajin menulis Dan update blognya, sama belajar foto lagi yaa. 

Amin. Selamat Tahun Baru 2017 !

Slide Show di Facebook , Mudah Dan Indah

Kalau punya Aplikasi Facebook terbaru alias terupdate , boleh lah sekali-kali bikin slide show nya. Lumayan seperti buat video, yang bisa kita pajang di Facebook Kita. 

Biasanya kita pakai aplikasi atau buat sendiri pakai PowerPoint untuk membuat Slideshow, Tapi Facebook Baru saja mengeluarkan update, dimana Kita bisa membuat slideshow sendiri. Gratis pulak.

Caranya mudah sekali, yuk kita ikuti step by step cara membuat slideshow di Facebook.

Mari kita mulai !

1. Klik update status , nanti tampilannya begini

2. Pilih Slideshow  , lalu muncul Create Slideshow

Siap-siap upload foto dari HPmu. 
3. Klik Add Photo

Pilihlah foto mana yang kira-kira Mau kita tampilkan di slideshow. Minimal 3 photo. Maksimal ya belum Tahu, saya baru nyoba 10

4. Pilih Musik pengiring Slide show

Ada banyak pilihan Musik yang bisa disesuaikan dengan mood dari slideshow mu , mulai inspired, Love, funny, happy , snazzy, dan banyak lagi

5. Musik sudahlah terlihat, siap-siap buat Judul slideshow nya !

Klik Title nya !

6. Tulis Judul / title nya

7. Sudah ? Lalu kita siap siap mau create slideshow nya. Tungguin aja. Otomatis kok


8. Lalu siap-siap update status nya, tambahkan beberapa kata-kata yang menjelaskan slideshow Kita itu. Bisa tambahkan lokasi juga.

Sudah ??
9. Biarkan Facebook bekerja membuat Slideshow Kita. Tungguin ajah


Sudah ?

10. Nanti setelah selesai diupload ke Facebook , akan ada pemberitahuan bahwa video slideshow Kita sudah siap ditonton

Mudah kaaan ?

Selamat mencoba !

Warna Warni Background Status Facebook

Sambil nonton Final Piala AFF, walau Indonesia belum menang, nemu sesuatu yang baru di Facebook, socmed kesayangan kita semua

Sekarang, kalau mau update status di FB bisa diganti warna background nya, jadi gak putih doang. 

Caranya mudah

1. Update Aplikasi Facebook di HP kamu ke versi yang terbaru

2. Setelah diupdate ke versi terbaru, update status deh, mau nulis apa ayo.

Nanti tampilannya akan seperti ini

3. Mau pilih warna apa backgroundnya, pilih diantara bulatan warna warni. Klik aja. Lalu background nya akan sesuai dengan warna yang kita pilih

4. lalu tulis statusnya , 

5. Abis itu tinggal update statusnya seperti biasa. Jadinya seperti ini :


Mudah bukan. Sekarang update status FB bisa jadi warna warni. Seru juga

Selamat Mencoba

Alasan saya gak ikut lomba-lomba 17an #kumpulanStatusPath

1.​Gagal ikut lomba balap makan Kerupuk. Didiskualifikasi karena minta nasi ama timun. Sigh

2. Dilarang ikut lomba nangkep belut karena bawa panggangan dan saus teriyaki. #unagi
3. Ga jadi ikut lomba balap karung , karena karungnya ga organic #manjaah
4. Ga mau ikutan lomba sepak bola pake daster. Hello, daster is so last year. Pake jumpsuit dong #dibekepdaster
5. Gak mau ikut lomba panjat pinang. Maunya dipanjat #eh #kode #022 #SLJJ
6.Ada lomba yg available, kurang peserta.
Tapi aku ga bisa ikutaaaaan, yaitu Lomba Rias Penganten !!!!!

#bapernanti #gabisamakeup #nantipengantendisangkaJurig #inifiksi

7. Barusan lewat lapangan RT sebelah, mereka lagi ngumpul sambil nyanyi

Happy Birthday to you..

Happy Birthday to you

Happy Birthday Indonesia

Terus tiup lilin

Aku harus gimana gaess ???

Ulang Tahun Buat Apa ?

Mungkin tak semua orang Merayakan Ulang Tahun nya dengan berbagai alasan. Banyak juga kok yang melihat hari langitnya sebagai sebuah angka di KTP, tak bermakna

Ada juga yang tidak biasa, ada yang tak mau bermewah-mewah, ga ada di agama saya, ada yang merasa bukan gayanya, dan sebagainya

Tapi bagi saya ULANG TAHUN ITU PENTING ! Wajib dirayakan !

Tidak harus selalu pesta, tidak harus selalu meniup lilin di atas kue Ulang Tahun.

Tapi merayakan keberadaan orang yang berulang Tahun. Merayakan kehadirannya didunia. Bahwa dia penting bagi orang lain. Menghargai dan mendoakan segala doa terbaik untuknya. Sebuah bentuk kasih aayang yang tulus tak ternilai harganya.

Sebuah ucapan dan doa untuk mengiringi umurnya yang baru adalah kado yang terbaik. Semakin banyak yang berdoa semakin baik toh.

Ga ada ruginya…

Soalnya entah mengapa ada beberapa orang anti sama Ulang Tahun.

Haknya dia sih. Tapi Hak saya juga dong. Ini lalu apa ngomongin hak segala macam.

Apapun itu saya berharap semua mendapatkan kebahagiaanya.

Dan Selamat Ulang Tahun ! Bagi yang merayakannya! Kapan pun itu…

image